Destilasi

In: Science

Submitted By samsudinhafid
Words 334
Pages 2
Destilasi

Destilasi adalah suatu proses pemisahan yang sangat penting dalam berbagai industri kimia. Operasi ini bekerja untuk memisahkan suatu campuran menjadi komponen-komponennya berdasarkan perbedaan titik didih. Destilasi ini selalu digunakan untuk memisahkan minyak bumi menjadi fraksi-fraksinya, memisahkan suatu produk kimia dari pengotornya, dan sangat diperlukan dalam industri obat-obatan.

Cara kerja destilasi
Destilasi merupakan suatu perubahan cairan menjadi uap dan uap tersebut didinginkan kembali menjadi cairan. Unit operasi destilasi merupakan metode yang digunakan untuk memisahkan komponen-komponennya yang terdapat dalam salah satu larutan atau campuran dan bergantung pada distribusi komponen-komponen tersebu antara fasa uap dan fasa air. Syarat utama dalam operasi pemisahan komponen-komponen dengan cara destilasi adalai komposisi uap harus berbeda dengan komposisi cairan dengan terjadi keseimbangan larutan-larutan, dengan komponen-komponennya cukup dapat menguap.

Tahap destilasi

1. Evaporasi : memindahkan pelarut sebagai uap dari cairan
2. Pemisahan uap-cairan didalam kolom dan untuk memisahkan komponen dengan titik didih lebih rendah yang lebih mudah menguap komponen lain yang kurang volatil.
3. Kondensasi dari uap, serta untuk mendapatkan fraksi pelarut yang lebih volatil.

Macam - macam destilasi

1. Destilasi sederhana
Teknik pemisahan kimia untuk memisahkan dua atau lebih komponen yang memiliki perbedaan titik didih yang jauh.

2. Destilasi bertingkat
Untuk memisahkan dua atau lebih komponen yang memiliki perbedaan titik didih yang dekat.

3. Destilasi azeotrop
Memisahkan campuran azeotrop (campuran dua atau lebih komponen yang sulit dipisahkan) biasanya dalam prosesnya digunakan senyawa lain yang dapat memecah ikatan azeotrop tersebut, atau dengan menggunakan tekanan tinggi.

4. Destilasi uap
Memisahkan zat senyawa…...

Similar Documents

Green

...dengan Kendali Jarak Jauh dan Manual MOBIL LISTRIK MENGGUNAKAN METODE WIFI BERBASIS ANDROID SpeedoJaWa : Speedometer Jangka Waktu Kendaraan Bermotor Sebagai Acuan Kecepatan dan Ketepatan Waktu Tempuh SINGLE AND THREE PHASE POWER SUPPLY UNTUK TRAINER KIT INSTALASI LISTRIK 2469 POLITEKNIK NEGERI BANDUNG Laga Arif Pratama PKMKC 2470 POLITEKNIK NEGERI BANDUNG Sujatmiko PKMKC 2471 POLITEKNIK NEGERI BANDUNG Wilatikto PKMKC 2472 Politeknik Negeri Batam Desmon PKMKC 2473 POLITEKNIK NEGERI JAKARTA Achmad Teddy Setyawan PKMKC ALAT UJI-KEENCERAN BETON SEGAR TANPA PROSES PEMADATAN MANUAL 2474 POLITEKNIK NEGERI JAKARTA Agustian PKMKC "Auresia"Alat Penetral Air Laut Secara Destilasi Bertenaga Sel Surya BOOKMARKS CODE (RANCANG BANGUN PENEMPATAN BUKU YANG BENAR PADA TEMPATNYA DI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN BARCODE) 2475 POLITEKNIK NEGERI JAKARTA Anggi Vhelayati PKMKC Susanto 2476 POLITEKNIK NEGERI JAKARTA Anzas Yudha Hakim PKMKC Mesin Kacip Biji Mete Otomatis INOVASI RANCANG BANGUN SIMULASI TRAFFIC LIGHT OTOMATIS PENGURANG KEMACETAN MENGGUNAKAN SENSOR KEPADATAN BERBASIS RFID ( RADIO FREKUENSI IDENTIFICATION) "RUMAH ANDROID" RUMAH DENGAN ANDROID PERMUDAH AKTIVITAS DAN KEAMANAN DI DALAM RUMAH BERBASIS WI-FI 2477 POLITEKNIK NEGERI JAKARTA Asyraf Hamdi PKMKC 2478 POLITEKNIK NEGERI JAKARTA Azfar Muhammad PKMKC No. Nama Perguruan Tinggi POLITEKNIK NEGERI JAKARTA Nama......

Words: 159309 - Pages: 638

Tanaman Bintaro

...(CCO). Ampas hasil proses pengepresan biji Bintaro dapat dibuat briket bahan bakar dan dapat dibuat kompos untuk pupuk tanaman, sehingga dalam pengembangan sumber energi biji Bintaro tidak menghasilkan sampah (zero waste). Minyak biji Bintaro itu bisa memiliki daya bahan bakar selama 11,8 menit, sedangkan minyak tanah 5,6 menit dengan takaran 1 ml minyak biji Bintaro dan minyak tanah. Itu menunjukkan bahwa minyak biji Bintaro memiliki daya bakar dua kali lebih lama dibandingkan minyak tanah. PROSES PENGOLAHAN BIJI BINTARO SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF * Alat * Soxhlet * Cawan * Palu * Oven * Furnace 550°C blender * Kain * Gelas ukur 300 ml * Peralatan * Neraca 3 lengan * Mesin pres * Alat destilasi dan cetakan briket * Botol bekas ukuran kecil kecil + tutup yang terbuat dari logam * Ember bekas cat tembok ukuran 20 kg dan pengaduk kayu * Bahan * Biji kering bintaro +/- 5 kg * Sekam padi +/- 10 kg * Tepung tapioka/singkong 0.5kg * Sampah sayuran (organik) 5 kg * Kotoran kambing 5kg air * Pelarut n-heksana * KOH * Alkohol 96 % 250cc * Proses pengolahan 1. Biji bintaro dikeluarkan dari buahnya dengan bantuan golok dan palu, kemudian disangrai atau dijemur. Hal itu dapat dilakukan dengan bantuan oven dengan tujuan hanya untuk menguapkan kandungan air dan menguraikan minyak dalam biji buah tersebut. Biji yang sudah kering dan masih hangat dicampur dengan sekam kulit padi......

Words: 1689 - Pages: 7